Selasa, 15 November 2016

POHON DURIAN

Durian adalah nama tumbuhan tropik yang berasal dari Asia Tenggara, sekaligus nama buahnya yang bisa dimakan. Nama ini dilambil dari ciri khas kulit buahnya yang bisa dimakan. Nama ini diambil dari ciri khas kulit buahnya yang keras dan berlekuk-lekuk tajam sehingga menyerupai duri. Varian namanya juga populer adalah duren. Sesungguhnya, tumbuhan dengan nama ini bukanlah spesies tunggal tetapi sekelompok tumbuhan dari marga (genus) Durio. Namun umumnya, yang dimaksud dengan durian biasa (tanpa imbuhan apa-apa) adalah yang memiliki nama ilmiah Durio Zibethinus. Sedangkan jenis-jenis durian lain yang dapat dimakan dan kadang kala di temukan di pasaran setempat di Asia Tenggara.
Morfologi tanaman Durian
Durisn tumbuh dalam bentuk pohon, batang jelas terlihat. berkayu, berbentuk disilindris. Arah tumbuh batang tegak lurus dengan percabangan monopidal.
Kandungan
Mengandung Vitamin B1,B2, dan Vit. C. Kulitnya mengansung minyak astiri, flaronoid, saponin, unsur selulosa, lignin serta kandungan pati. Daunya mengandung saponin, faronoid dan polifenol, akar mengandung taninn.
Khasiat
Daun dan akar durian berkhasiat sebagai antipiretik dan daun durian yang dihancurkan dapat juga digunakan untuk pasien yang demam.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar